4 Berkah dan Keajaiban Sholawat Badar: Terang di Tengah Kegelapan

Diposting pada

Bacaan Sholawat Badar: Arab, Latin, Artinya Lengkap dengan Makna, Keutamaan, Amalan, Fadilah, dan Adab Membacanya

 

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Hai, Sobat Bacaankita! Kalian pasti udah nggak asing lagi dengan Sholawat Badar, kan? Nah, kali ini kita bakal kupas tuntas tentang bacaannya, lengkap dari Arab, Latin, sampai artinya, juga nggak lupa tentang makna, keutamaan, amalan, fadilah, dan adab membacanya. Yuk, kita mulai!

Sholawat kepada Nabi Muhammad tidak hanya dilakuan oleh umat manusia. Allah dan para malaikat juga bershalawat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana dijelaskan dalam (Q.S Al-Ahzab [33]:56).

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bershalwatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Cara Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad berbeda dengan cara kita bersholawat untuk Nabi Muhammad. Allah bershalawat kepada Nabi Muhammad dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi pernghormatan untuk Nabi Muhammad.

Berikut bacaan Sholawat Badar secara lengkap dalam tulisan Arab, latin dan artinya:

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ  –  عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ   –  عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

 

تَوَ سَـلْنَا بِـبِـسْـمِ اللّهِ  –  وَبِالْـهَادِى رَسُـوْلِ اللهِ

وَ كُــلِّ مُجَـا هِـدِ لِلّهِ  –   بِاَهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

اِلهِـى سَـلِّـمِ اْلا ُمـَّة    –   مِـنَ اْلافـَاتِ وَالنِّـقْـمَةَ

وَمِنْ هَـمٍ وَمِنْ غُـمَّـةٍ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

اِلهِى نَجِّـنَا وَاكْـشِـفْ   –    جَـمِيْعَ اَذِ يـَّةٍ وَا صْرِفْ

مَـكَائـدَ الْعِـدَا وَالْطُـفْ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

اِلهِـى نَـفِّـسِ الْـكُـرَبَا   –    مِنَ الْعَـاصِيْـنَ وَالْعَطْـبَا

وَ كُـلِّ بـَلِـيَّـةٍ وَوَبـَا   –     بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

فَكَــمْ مِنْ رَحْمَةٍ حَصَلَتْ   –    وَكَــمْ مِنْ ذِلَّـةٍ فَصَلَتْ

وَكَـمْ مِنْ نِعْمـَةٍ وَصَلَـتْ   –    بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

وَ كَـمْ اَغْـنَيْتَ ذَالْعُـمْرِ   –    وَكَـمْ اَوْلَيْـتَ ذَاالْفَـقْـرِ

وَكَـمْ عَافَـيـْتَ ذِاالْـوِذْرِ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

لَـقَدْ ضَاقَتْ عَلَى الْقَـلْـبِ   –    جَمِـيْعُ اْلاَرْضِ مَعْ رَحْبِ

فَانْـجِ مِنَ الْبَلاَ الصَّعْـبِ   –    بِا َهْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

ا َتَيـْنَا طَـالِـبِى الرِّفْـقِ   –    وَجُـلِّ الْخَـيْرِ وَالسَّـعْدِ

فَوَ سِّـعْ مِنْحَـةَ اْلاَيـْدِىْ    –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

فَـلاَ تَرْدُدْ مَـعَ الْخَـيـْبَةْ   –    بَلِ اجْعَلْـنَاعَلَى الطَّيْبـَةْ

اَيـَا ذَاالْعِـزِّ وَالْهَـيـْبَةْ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

وَ اِنْ تَرْدُدْ فَـمَنْ نَأْتـِىْ   –    بِـنَيـْلِ جَمِيـْعِ حَاجَا تِى

اَيـَا جَـالِى الْمُـلِـمـَّاتِ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

اِلهِـى اغْفِـرِ وَاَ كْرِ مْنَـا   –    بِـنَيـْلِ مـَطَا لِبٍ مِنَّا

وَ دَفْـعِ مَسَـاءَةٍ عَـنَّا   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

اِلهِـى اَنـْتَ ذُوْ لُطْـفٍ   –    وَذُوْ فَـضْلٍ وَذُوْ عَطْـفٍ

وَكَـمْ مِنْ كُـرْبـَةٍ تَنـْفِىْ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

 

وَصَلِّ عَـلَى النـَّبِىِّ الْبَـرِّ   –    بـِلاَ عَـدٍّ وَلاَ حَـصْـرِ

وَالِ سَـادَةٍ غُــــرِّ   –    بِاَ هْـلِ الْبَـدْ رِ يـَا اَللهُ

Shalaatullaah Salaamul laah ‘Alaa Thaaha Rasuulillaah
Shalaatullaah Salaamullaah ‘Alaa Yaa Siin Habiibillaah

Tawassalnaa Bibismi llaah Wabil Haadi Rasuulillaah
Wakulli Mujaahidin Lillaah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Sallimil Ummah Minal Aafaati Wanniqmah
Wamin Hammin Wamin Ghummah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Ilaahi Najjinaa Waksyif Jamii’a Adziyyatin Wahrif
Makaa idal ‘idaa wal thuf Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahi Naffisil Kurbaa Minal’Ashiina Wal’Athbaa
Wakulli Baliyyatin Wawabaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Wakam Min Rahmatin Washalat Wakam Min Dzillatin Fashalat
Wakam Min Ni’matin Washalat Bi Ahlil Bailri Yaa Allaah

Wakam Aghnaita Dzal ‘Umri Wakam Autaita D’Zal Faqri
Wakam’Aafaita Dzal Wizri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Laqad Dlaaqat’Alal Oalbi Jamii’ul Ardli Ma’ Rahbi
Fa Anji Minal Balaas Sha’bi Bi Ahlil Badri Yaa A,llaah

Atainaa Thaalibir Rifdi Wajullil Khairi Was Sa’di
Fawassi’ Minhatal Aidii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Falaa Tardud Ma’al Khaibah Balij’Alnaa’Alath Thaibah
Ayaa Dzal ‘lzzi Wal Haibah Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Wain Tardud Faman Ya-Tii Binaili Jamii’i Haajaati
Ayaa jalail mulimmaati Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahighfir Wa Akrimnaa Binaili Mathaalibin Minnaa
Wadaf i Masaa-Atin ‘Annaa Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

llaahii Anta Dzuu Luthfin Wadzuu Fadl-Lin Wadzuu ‘Athfin
Wakam Min Kurbatin Tanfii Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

Washalli ‘Alan Nabil Barri Bilaa ‘Addin Walaa Hashri
Wa Aali Saadatin Ghurri Bi Ahlil Badri Yaa Allaah

 

Artinya :

Rahmat dan keselamatan Allah,
Semoga tetap untuk Nabi Thaaha utusan Allah,

Rahmat dan keselamatan Allah,
Semoga tetap untuk Nabi Yasin kekasih Allah’

Kami berwasilah dengan berkah “Basmalah”,
Dan dengan Nabi yang menuniukkan lagi utusan Allah,

Dan seluruh. Orang yang beriuang .karena Allah,
Sebab berkahnya sahabat ahli badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menyelamatkan ummat,
Dari bencana dan siksa,
Dan dari susah dan kesempitan,
Sebab berkahnya sahabat ahli bariar ya Allah’

Ya AIlah semoga Engkau selamatkan kami dari semua yang menyakitkan,
Dan semoga Engkau (Allah) meniauhkan tipu dan daya musuh-musuh,
Dan semoga Engkau mengasihi kami,
sebab berkahnya sahabat Ahli Badar Ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau menghilangkan beberapa kesusahan
Dari orang-orang yang berma’siat dan semua kerusakan,

Dan semoga Engkau hitangkan semua bencana dan wabah penyakit’
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah

Maka sudah beberapa rahmat yang telah berhasil,
Dan sudah beberapa dari kehinaan yang dihilangkan,

Dan sudah banyak dari ni’mgt yang telah sampai,
Sebab berkahnya sahabal ahli Badar ya Allah’

Sudah berapa kali Engkau (Allah) memberi kekayaan orang yang makmur,
Dan berapa kali Engkau (Allah) memberi nikmat kepada orang yang fakir,

Dan berapa kali Engkau (Allah) mengampuni orang yang berdosa,
Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Sungguh hati manusia merasa sempit di atas tanah yang luas ini;
karena banyakhya marabahaya yang mengerikan,

Dan malapetaka yang menghancurkan,
semoga Allah menyelamatkan kami dari bencana yang mengerikan,

Sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.’
Kami datang dengan memohon pemberian/ pertolongan

Dan memohon agungnya kebaikan dan keuntungan
Semoga Allah meluaskan anugerah (keni’matan) yang melimpah-limpah.
Dari sebab berkahnya ahli Badar ya Allah.

Maka janganlah Engkau (Allah) menolak kami menjadi rugi besar,
Bahkan jadikanlah diri kami dapat beramal baik, dan selalu bersuka ria.

Wahai Dzat yang punya keagungan (kemenangan) dan Prabawa,
Dengan sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Jika Engkau (Allah) terpaksa menolak hamba, maka kepada siapakah
kami akan datang mohon dengan mendapat semua hajat kami;

Wahai Dzat yang menghilangkan beberapa bencana dunia dan
akhirat, hilangkan bencana-bencana hamba
lantaran berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Ya Allah, semoga Engkau rnengampuni kami dan memuliakan
diri kami, dengan mendapat hasil beberapa permahonan kami, dan
menolak keburukan-keburukan dari kami,

Dengan mendapat berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.
Ya Allah, Engkaulah yang punya belas kasihan,
dan punya keutamaan (anugerah) lagi kasih sayang,

Sudah banyaklah kesusahan yang hilang,
Dari sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

Dan semoga Engkau (Allah) melimpahkan rahmat kepada Nabi yang senantiasa berbakti kepada-Nya, dengan limpahan rahmat dan keselamatan yang tak terbilang dan tak terhitung,

Dan semoga tetap atas para keluarga Nabi dan para Sayyid yang bersinar nur cahayanya,
sebab berkahnya sahabat ahli Badar ya Allah.

 

Makna Sholawat Badar

Nah, di kehidupan sehari-hari, Sholawat Badar itu bener-bener bisa jadi obat buat hati kita yang lagi galau atau sedih. Bayangin aja, kita lagi patah hati atau lagi down, terus kita ngucapin Sholawat Badar dengan hati yang ikhlas. Pasti deh, hati kita bakal lebih adem dan tenang. Makanya, Sholawat Badar tuh enggak cuma buat diucapin pas lagi ngumpulin pahala, tapi juga bisa jadi penyemangat buat kita.

Keutamaan Sholawat Badar

Pengen tahu gak, apa aja sih keutamaan Sholawat Badar ini? Nah, yuk kita bahas satu per satu biar makin paham!

1. Pahala Yang Bikin Senyum Dari Telinga ke Telinga

Bayangin, setiap kali kita ngucapin Sholawat Badar, Allah langsung kasih kita pahala yang banyak banget. Gak tanggung-tanggung, loh! Setiap kata yang kita ucapin di Sholawat Badar itu bisa jadi amalan yang bikin kita seneng banget. Makanya, jangan lupa untuk sering-sering ngucapin Sholawat Badar, ya!

2. Penyemangat Buat Hati yang Lagi Galau

Nah, Sholawat Badar juga bisa jadi penyemangat buat hati kita yang lagi galau atau sedih, lho! Ketika kita ngucapin Sholawat Badar dengan hati yang ikhlas, rasanya kayak ada cahaya yang menerangi hati kita. Jadi, kalau lagi down, jangan lupa untuk ngucapin Sholawat Badar, ya! Pasti hati kita jadi lebih adem.

3. Simbol Cinta Kita Kepada Rasulullah

Ini nih, salah satu keutamaan Sholawat Badar yang paling penting. Setiap kali kita ngucapin Sholawat Badar, sebenernya kita lagi nunjukin rasa cinta dan sayang kita ke Rasulullah Muhammad SAW. Kita ngucapin Shalawat Badar bukan cuma buat dapet pahala, tapi juga buat nunjukin kalau kita emang cinta sama beliau.

4. Tata Cara Ngucapin yang Benar

Supaya pahala Sholawat Badar kita maksimal, kita harus ngucapinnya dengan benar, ya! Kita bisa ngucapinnya kapan aja dan di mana aja, asal hati kita ikhlas. Bisa juga ngucapinnya dalam hati atau dengan suara. Yang penting, kita harus fokus dan khusyuk saat ngucapinnya, biar doanya sampai ke tempat yang harusnya.

 

Amalan dan Fadilah Sholawat Badar

Nah, sekarang kita akan bahas tentang amalan dan fadilah dari Sholawat Badar. Siapa tahu, bisa jadi motivasi buat kita semua, kan?

1. Amalan Sholawat Badar yang Gampang Banget

Amalan Sholawat Badar itu gampang banget, guys! Kita tinggal ngucapinnya dengan penuh keikhlasan di hati kita. Bisa di sela-sela kegiatan sehari-hari, atau pas lagi santai di rumah. Intinya, kapan aja dan di mana aja kita bisa ngucapin Sholawat Badar ini. Yang penting, hati kita harus bener-bener fokus, ya!

2. Fadilahnya Bikin Senyum Sampai Ke Kuping!

Nah, sekarang kita masuk ke fadilahnya nih, guys! Fadilah Sholawat Badar tuh luar biasa banget, loh! Tiap kali kita ngucapinnya, Allah bakal kasih kita pahala yang nggak terhingga. Bayangin aja, satu kalimat Sholawat Badar aja bisa bikin kita senyum-senyum sampai ke kuping. Makanya, jangan lewatkan kesempatan buat ngucapin Sholawat Badar ya!

3. Pembersih Hati dari Kotoran Dosa

Amalan Sholawat Badar ini juga bisa jadi pembersih hati dari kotoran dosa, lho! Tiap kali kita ngucapinnya dengan ikhlas, hati kita bakal jadi lebih bersih dan suci. Jadi, kalau kita merasa hati kita udah kotor karena dosa-dosa yang kita lakukan, ngucapin Sholawat Badar bisa jadi salah satu cara buat membersihkannya.

4. Menjaga Kekasih Allah Tetap Dekat

Salah satu fadilah yang paling istimewa dari Sholawat Badar adalah kita bisa menjaga kekasih kita, yaitu Rasulullah Muhammad SAW, tetap dekat dengan kita. Tiap kali kita ngucapin Sholawat Badar, sebenernya kita lagi nunjukin kalau kita cinta dan rindu sama beliau. Jadi, ngucapin Sholawat Badar bukan cuma buat dapet pahala, tapi juga buat menjaga hubungan kita dengan Rasulullah tetap erat.

 

 Adab Membaca Sholawat Badar

Kalian tahu enggak, kalau ada adab-adab khusus yang harus kita perhatikan saat membaca Sholawat Badar? Nah, mari kita bahas satu per satu agar semakin paham!

1. Niat yang Ikhlas, Penting Banget, Guys!

Saat kita membaca Sholawat Badar, yang paling pertama dan paling penting adalah niat. Niat kita harus tulus ikhlas, bukan karena paksaan atau sekadar formalitas. Kita harus benar-benar merasa ingin menghormati dan mengagungkan Rasulullah Muhammad SAW. Jadi, sebelum membaca Sholawat Badar, pastikan niat kita benar-benar murni, ya!

2. Khusyuk dan Fokus, Jangan Sampai Terpeleset!

Selain niat yang ikhlas, khusyuk dan fokus juga menjadi kunci saat membaca Sholawat Badar. Kita harus benar-benar memusatkan perhatian kita pada doa yang kita ucapkan, tanpa terganggu oleh pikiran atau perasaan yang lain. Jadi, saat membaca Sholawat Badar, alangkah baiknya jika kita memilih tempat yang tenang dan membebaskan diri dari gangguan yang bisa mengganggu khusyuk kita.

3. Baca dengan Bacaan yang Benar, Biar Makin Berfaedah!

Agar doa kita semakin berfaedah, kita perlu membaca Sholawat Badar dengan bacaan yang benar. Kita bisa mempelajari bacaan Sholawat Badar dalam huruf Arab dan Latin beserta artinya, agar kita bisa membacanya dengan baik dan benar. Selain itu, kita juga perlu menjaga pengucapan dan tajwid saat membaca Sholawat Badar, agar doa kita bisa sampai dengan baik kepada Allah SWT.

4. Membaca dengan Bertahap, Jangan Terburu-buru!

Terakhir, saat membaca Sholawat Badar, kita perlu melakukannya secara bertahap dan tidak terburu-buru. Kita bisa membaca Sholawat Badar dalam jumlah yang kita mampu, baik itu sekali, tiga kali, atau lebih, sesuai dengan kemampuan dan waktu yang kita miliki. Yang penting, kita melakukannya dengan penuh kesungguhan dan ketulusan hati.

Jadi, itulah pembahasan tentang Sholawat Badar. Semoga dengan membaca artikel ini, kita jadi lebih mengenal dan semakin rajin membaca Sholawat Badar. Yuk, tingkatkan ibadah kita dengan membaca Sholawat kepada Rasulullah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *