Teks Sholawat Jibril Arab Latin Lengkap dengan Artinya

Diposting pada

Teks Sholawat Jibril Arab Latin Lengkap dengan Artinya, Keutamaan, Amalan, dan Adab Membacanya.

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Halo Sobat Bacaankita! Siapa nih yang suka baca Sholawat? Pasti pada tahu dong Sholawat Jibril? Nah, kali ini kita bakal bahas tentang bacaan Sholawat Jibril lengkap dengan arab, latin, artinya, maknanya, plus bonus keutamaan, amalan, dan adab caranya. Seru banget kan?

Sholawat kepada Nabi Muhammad tidak hanya dilakuan oleh umat manusia. Allah dan para malaikat juga bersholawat kepada Nabi Muhammad. Sebagaimana dijelaskan dalam (Q.S Al-Ahzab [33]:56)

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersholwatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Cara Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad berdeda dengan cara kita bersholawat untuk Nabi Muhammad. Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi pernghormatan untuk Nabi Muhammad.

 

Apa itu Sholawat Jibril?

  • Pengertian Sholawat Jibril

    Sholawat Jibril adalah doa atau pujian yang diucapkan kepada Nabi Muhammad ﷺ sambil menyebut nama malaikat Jibril. Ini dilakukan sebagai tanda kehormatan kepada Nabi dan juga untuk mengingat peran penting Jibril dalam menyampaikan wahyu dari Allah. Dalam Sholawat ini, umat Islam mengungkapkan rasa penghormatan kepada Nabi Muhammad ﷺ serta mengingat jasa penting Jibril dalam mengantarkan wahyu kepada beliau.

  • Asal usul dan sejarah singkat Sholawat Jibril

Sholawat Jibril, begitulah umat Islam menyebutnya. Sholawat yang sangat simpel ini sangat familiar di telinga Nahdliyin. Sallallahu Ala Muhammad, begitulah lafadz dari Sholawat Jibril. Kisah awal mula adanya Sholawat Jibril saat Nabi Adam AS berada di dalam surga seorang diri kesepian.

Kisah tersebut diceritakan langsung oleh KH Reza Ahmad Zahid atau Gus Reza, Katib Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dari Pondok Pesantren Lirboyo Kediri. Hal itu diulas saat Gus Reza hadir di Haul ke-9 KH Ali Mahrus pendiri Pondok Pesantren Al Islamiyah Al Mustaqimiyah, Rogotrunan Lumajang, Sabtu (11/03/2023).

“Sholawat Jibril masyaallah, yang menyebut dan mengajarkannya pertama kali adalah malaikat Jibril,” jelas Gus Reza.

Setelah Allah menciptakan Hawa, teman hidup di surga untuk Nabi Adam agar tidak kesepian, Nabi Adam langsung ada ketertarikan kepada Hawa saat melihat pertama kali. Saat Nabi Adam hendak memegang Hawa, malaikat Jibril yang mengetahui hal itu menghentikannya.

“Malaikat Jibril mengatakan kepada Nabi Adam, itu belum halal, disuruh nikah dulu, pakai mahar (mas kawin). Nabi Adam bertanya, maharnya apa? Malaikat Jibril akhirnya membisiki Nabi Adam mengajarkan Sholawat itu sebagai mahar untuk pernikahannya,” katanya.

Sholawat Jibril ini, kata Gus Reza, fadlilahnya adalah agar semua hajat dikabulkan Allah SWT asalkan istiqamah dalam membacanya. Gus Reza mengaku mendapat ijazah Sholawat Jibril dari kakeknya agar jangan sampai lupa membaca Sholawat minimal seribu kali sehari semalam, lebih-lebih saat malam Jum’at hendaknya dibaca sepuluh ribu kali.

“Kalau jenengan wukuf di arafah, sepuluh ribu kali Shaolawat Jibril, banyak faidahnya, hajatnya terpenuhi, dimudahkan, itu Sholawat jibril. Syaratnya harus ikhlas, ini harga mati, niatnya ditata,” imbuh Gus Reza.

Karena, Gus Reza melanjutkan, dalam sebuah hadits disebutkan barang siapa yang membaca satu Sholawat kepadaku maka allah memberi 10 kebaikan kepadanya, diangkat 10 derajatnya, dan diampuni 10 dosanya, dengan syarat ikhlas dari hati.

“Apalagi ini Bulan Sya’ban, Allah menurunkan ayat Sholawat di bulan ini, di bulan Sya’ban perbanyak Sholawat, insyaallah mendapat syafaat,” pungkasnya.

 

Teks Sholawat Jibril dan Terjemahannya

Sholawat Jibril itu sebenernya lumayan simpel. Yuk, langsung kita lihat bacaannya:

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Shallallahu ‘Ala Muhammad Shollallahu ‘alaihi wasallam

Artinya: “Semoga Allah melimpahkan sholawat atas Muhammad, sholawat atas keluarga serta keselamatan atasnya.”

أَنْتَ شَمْسٌ أَنْتَ بَدْرٌ

Anta Syamsun Anta Badrun

Artinya: “Engkau bagai matahari, engkau bagai bulan purnama.”

أَنْتَ نُوْرٌ فَوْقَ نُوْرِ

Anta nurun fauqo nurun

Artinya: “Engkau cahaya di atas cahaya.”

أَنْتَ إِكْسِيْرٌ وَغَالِي

Anta iksiirun wa ghoolii

Artinya: “Engkau bagaikan emas murni yang mahal harganya.”

أَنْتَ مِصْبَاحُ الصُّدُوْرِ

Anta mishbaahush-shuduuri

Artinya: “Engkaulah pelita hati.”

يَاحَبِيْبِى يَامُحَمَّدْ

Ya habiibii Ya Muhammad

Artinya: “Wahai kekasihku, wahai Muhammad.”

يَاعَرُوْسَ الْخَافِقَيْنِ

Ya ‘Aruusal-khoofiqoini

Artinya: “Wahai pengantin tanah timur dan barat (sedunia).”

يَامُؤَيَّدْ يَامُمَجَّدْ

Ya Mu-ayyad ya Mumajjad

Artinya: “Wahai Nabi yang dikuatkan (dengan wahyu).”

يَاإِمَامَ الْقِبْلَتَيْنِ

Ya Imaamal Qiblataini

Artinya: “Wahai Nabi yang diagungkan, wahai imam dua arah kiblat.”

Gampang banget kan? Kita bisa ngucapin Sholawat ini tiap waktu, bisa di rumah, di sekolah, dan di mana aja!

 

Makna dan Keutamaan

  • Makna  Sholawat Jibril

Sholawat Jibril adalah salah satu bentuk pujian dan doa yang ditujukan kepada Nabi Muhammad ﷺ. Meskipun ringkas, Sholawat ini memiliki keutamaan besar dan sejarah yang menarik. Pertama kali diucapkan oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Adam AS sebagai mahar untuk mempersunting Siti Hawa, Sholawat Jibril memiliki makna sebagai permohonan rahmat dan kasih sayang Allah bagi Nabi Muhammad ﷺ. Selain itu, Sholawat ini juga membawa berkah bagi siapa saja yang membacanya, karena doa yang ditujukan kepada Nabi akan kembali sebagai kebaikan bagi pengamalnya.

Hal ini Imam Muslim telah meriwayatkan di dalam hadits Nabi saw berikut ini.

Rasulullah saw bersabda: Barang siapa yang membaca sholawat kepadaku satu kali, maka Allah dan malaikat akan membaca sholawat kepadanya sebagaimana banyaknya sholawatnya kepadaku (HR. Muslim).

Keutamaan Membaca Sholawat Jibril

Berikut adalah beberapa keutamaan dari Sholawat Jibril ketika diamalkan secara rutin:

1. Dapat membuka 70 pintu rahmat bagi yang rutin membacanya

Sebagaimana yang dikatakan oleh Imam Syaroni bahwa Rasulullah bersabda: Barang siapa membaca sholawat Jibril, maka ia telah membuka 70 pintu rahmat untuk dirinya, dan Allah akan menitipkan cinta-Nya pada hati manusia sehingga mereka tidak akan marah kepadanya. Kecuali orang yang menyimpan kemunafikan dalam hatinya.

2. Dapat melihat Nabi Muhammad saw dalam mimpi

Diriwayatkan oleh As-Sakhari, ada seorang laki-laki Syiria datang kepada Nabi Muhammad saw bahwa ayahnya telah renta dan buta namun ingin melihat beliau. Lalu disarankan untuk membaca Sholawat Jibril. Kemudian ia dapat melihat Nabi Muhammad di dalam mimpinya, bahkan bisa meriwayatkan hadits dari beliau.

3. Memperoleh kebaikan dan dihapuskan dari segala keburukan

Salah satu keutamaan membaca Sholawat Jibril yakni selalu mendapatkan kebaikan, diangkat derajatnya dan dihapuskan dari segala keburukan. Sebagaimana Rasulullah saw bersabda: Barang siapa bersholawat kepadaku satu kali, niscaya Allah akan bersholawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, menghapuskan sepuluh kejelekan darinya, dan mengangkat derajatnya.

4. Membuka pintu rezeki dari segala arah

Sholawat Jibril juga memiliki keutamaan yakni mendatangkan rezeki dari arah manapun. Rasulullah saw bersabda: Barangsiapa membaca sholawat Jibril sebanyak 5000 kali sehabis salat Dhuha, niscaya Allah akan mencukupi kebutuhannya dan uang akan “datang” kepadanya atas izin Allah swt.

 

Cara Mengamalkan Sholawat Jibril

Waktu dan Cara Terbaik untuk Membaca 

cara mengamalkan Sholawat Jibril jika hajatnya ingin segera dikabulkan ialah sebagai berikut.

1. Melakukan salat hajat dua rakaat di tengah malam.

2. Setelah salat, membaca Sholawat Jibril 1.000x dalam satu kali duduk.

3. Setelah itu, membaca doa tawassul. Sebelum membaca Sholawat Jibril, alangkah baiknya didahului dengan bersholawat Ibrahim.

4. Membaca Sholawat Jibril secara rutin minimal 3x ba’da salat fardhu, akan memperoleh salam dan sambutan dari para malaikat saat ajal menjelang.

Tata Cara dan Etika Membaca Sholawat

Etika dan Adab yang perlu diperhatikan saat membaca Sholawat Jibril sebagai berikut.

1. Niat yang Ikhlas

Sebelum membaca Sholawat Jibril, pastikan niat kita ikhlas karena Allah SWT dan sebagai bentuk cinta kepada Nabi Muhammad ﷺ.

2. Kondisi Bersih dan Suci

Disarankan untuk berwudhu sebelum membaca Sholawat agar dalam keadaan bersih dan suci.

3. Tempat yang Tenang dan Bersih

Pilihlah tempat yang tenang dan bersih untuk membaca Sholawat, sehingga kita bisa fokus dan khusyuk.

4. Menghadap Kiblat

Sebaiknya membaca Sholawat dengan menghadap kiblat sebagai bentuk penghormatan dan kesungguhan dalam beribadah.

5. Bacaan yang Jelas dan Benar

Bacalah Sholawat Jibril dengan pelafalan yang jelas dan benar. Usahakan untuk memahami arti dan maknanya.

6. Hati yang Khusyuk

Bacalah dengan khusyuk dan penuh perasaan, menghayati setiap kata yang diucapkan.

7. Pakaian yang Sopan

Gunakan pakaian yang sopan dan bersih saat membaca Sholawat, sebagai bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad ﷺ.

8. Tidak Terburu-Buru

Bacalah dengan tenang dan tidak terburu-buru. Nikmati setiap lafaz Sholawat yang diucapkan.

9. Menghindari Tempat yang Kurang Pantas

Jangan membaca sholawat di tempat-tempat yang kurang pantas, seperti kamar mandi atau tempat yang kotor.

10. Konsentrasi Penuh

Fokuskan pikiran dan hati hanya kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad ﷺ saat membaca Sholawat, hindari gangguan yang bisa mengalihkan perhatian.

Dengan memperhatikan etika dan adab ini, kita dapat membaca Sholawat Jibril dengan lebih baik dan mendapatkan manfaat serta keberkahan yang maksimal.

Nah, gitu Sobat Bacaankita, bacaan Sholawat Jibril itu nggak susah kan? Kita bisa banget melafalkannya dengan baik, nggak perlu khawatir salah. Yang penting, kita baca dengan ikhlas dan penuh kecintaan pada Nabi Muhammad SAW. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Aamiin.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *