Teks Sholawat Ya Nurul Hilal Full Lengkap disertai Arab dan Latin

Diposting pada

Teks Sholawat Ya Nurul Hilal Lengkap beserta Arab dan Latin

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Hai Sobat Bacaankita! Kali ini kita akan membahas tentang teks Sholawat Ya Nurul Hilal yang pastinya lengkap dengan tulisan Arab dan Latinnya. Sholawat ini memang terkenal karena maknanya yang mendalam dan lantunannya yang indah. Yuk, kita pelajari bersama!

Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakuan oleh umat manusia. Allah dan para malaikat juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dijelaskan dalam (Q.S Al-Ahzab [33]:56).

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersholwatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Cara Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW berbeda dengan cara kita bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi pernghormatan untuk Nabi Muhammad SAW.

 

Pengenalan singkat tentang Sholawat Ya Nurul Hilal

Sholawat adalah cara kita untuk mengingat dan memuji Nabi Muhammad, yang merupakan utusan Allah SWT. Dengan bersholawat, kita tunjukin rasa cinta dan penghormatan kita kepada beliau.

Teks Sholawat Ya Nurul Hilal

Teks lengkap Sholawat Ya Nurul Hilal dalam bahasa Arab dan Latin

 

يَا نُوْرَ الْهِلَال, أَقْبِل تَعَال, فَالشَّوْقُ طَال

Yaa nuurol hilaal, aqbil ta’aal, fasy sayuqu thaal

وَ الْقَلْبُ سَمَا, نَحْوَ السَّمَا, مُتَرَنِّمًا

Wal qolbu samaa, nahwas samaa, mutaronniman

لَا لَا تَنْقَضِي, اَنْتَ لِلرَّوْحِ دَوَاء

Laa laa tanqodhii, anta lirrouhi dawaa

رَمَضَان رَمَضَان, رَمَضَان يَا حَبِيْب

Ramadhaan Ramadhaan, Ramadhaan yaa habiib

رَمَضَان رَمَضَان, لَيْتَكَ دَوْمًا قَرِيْب

Ramadhaan Ramadhaan, laytaka dauman qoriib

فِيْكَ الْحُبُّ زَاد, عَمَّ الْعِبَاد, يَا خَيْرَ زَاد

Fiikal hubb zaad, ‘ammal ‘ibaad, yaa khoiro zaad

رَمَضَان يَا شَهْرَ الْقُرْآن, فِيْكَ أَذُوْقُ حَلَاوةَ الْإِيْمَان

Ramadhaan yaa syahrol qur-an, fiika adzuuqu halaatal iimaan

لَا لَا تَنْقَضِي اَنْتَ لِلرَّوْحِ دَوَاء

Laa laa tanqodhii anta lirrouhi dawaa

رَمَضَان رَمَضَان, رَمَضَان يَا حَبِيْب

Ramadhaan Ramadhaan, Ramadhaan yaa habiib

Terjemahan teks Sholawat Ya Nurul Hilal dalam bahasa Indonesia

Wahai cahaya Hilal menghadaplah kemarilah rindu ini telah lama

Hati ini terus naik ke langit sembari tumbuh

Jangan-jangan habis engkau bagi ruh adalah obat

Ramadan Ramadan Ramadan wahai kekasih

Ramadan Ramadan Andaikan engkau selamanya dekat

Cinta ini selalu bertambah kepadamu menyeluruh seluruh hamba wahai sebaik-baik perbekalan

Ramadan wahai bulan Alquran pada engkau aku merasakan manisnya iman

Jangan-jangan habis engkau bagi ruh adalah obat

Ramadan Ramadan Ramadan wahai kekasih

Keutamaan Membaca Sholawat Ya Nurul Hilal

Hai Sobat Bacaankita!  Selain memiliki lirik yang indah, membaca sholawat ini ternyata memiliki banyak keutamaan yang bisa membawa berkah dalam kehidupan kita. Yuk, kita bahas apa saja keutamaannya!

1. Mendapatkan Syafaat Nabi Muhammad SAW

Salah satu keutamaan terbesar dari membaca sholawat adalah mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa siapa pun yang rajin membaca sholawat, akan mendapatkan syafaatnya kelak. Dengan membaca sholawat “Ya Nurul Hilal”, kita memperbesar peluang untuk mendapatkan pertolongan Nabi di akhirat nanti.

2. Mendatangkan Ketenangan Hati

Membaca sholawat bisa membuat hati kita menjadi lebih tenang. Ketika kita sedang menghadapi masalah atau merasa cemas, membaca sholawat “Ya Nurul Hilal” bisa membantu menenangkan pikiran dan hati kita. Lantunan sholawat yang indah dan penuh makna ini bisa menjadi penghibur di saat-saat sulit.

3. Menambah Kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW

Dengan rutin membaca sholawat, kita bisa semakin menambah kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW. Sholawat “Ya Nurul Hilal” memuji keindahan dan keagungan Nabi, sehingga setiap kali kita membacanya, kita mengingat dan mengagumi sifat-sifat mulia beliau. Kecintaan yang mendalam kepada Nabi bisa membuat kita lebih semangat dalam meneladani sunnah-sunnahnya.

4. Mendapatkan Berkah dalam Kehidupan

Membaca sholawat secara rutin bisa mendatangkan berbagai berkah dalam hidup kita. Baik itu dalam urusan rezeki, kesehatan, maupun kebahagiaan. Banyak kisah yang menceritakan bahwa orang yang rajin membaca sholawat mendapatkan kemudahan dalam berbagai urusan dan hidupnya menjadi lebih berkah.

5. Didoakan oleh Malaikat

Saat kita membaca sholawat, para malaikat juga ikut mendoakan kita. Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa setiap kali kita bersholawat, Allah dan para malaikat juga akan bersholawat untuk kita. Ini berarti kita mendapatkan doa dan perhatian dari makhluk-makhluk yang suci.

6. Menghapus Dosa-Dosa

Membaca sholawat juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghapus dosa-dosa kita. Setiap kali kita membaca sholawat dengan ikhlas, dosa-dosa kita akan diampuni oleh Allah SWT. Sholawat “Ya Nurul Hilal” bisa menjadi amalan yang membantu kita membersihkan diri dari dosa-dosa yang telah lalu.

7. Memperoleh Cahaya dalam Hidup

Sholawat “Ya Nurul Hilal” memiliki arti “Wahai Cahaya Bulan Sabit”. Dengan membaca sholawat ini, kita berharap mendapatkan cahaya dalam hidup kita. Cahaya yang dimaksud adalah petunjuk dan keberkahan dari Allah yang bisa menerangi jalan hidup kita, membuat kita lebih mudah dalam mengambil keputusan dan menghadapi berbagai tantangan.

8. Mendapatkan Keutamaan di Hari Jumat

Hari Jumat adalah hari yang istimewa dalam Islam, dan membaca sholawat di hari ini memiliki keutamaan yang lebih besar. Sholawat “Ya Nurul Hilal” bisa kita baca di hari Jumat untuk mendapatkan keberkahan yang lebih. Membaca sholawat di hari Jumat juga bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak amalan baik kita di hari yang mulia ini.

9. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Dengan membaca sholawat, kita tidak hanya mendekatkan diri kepada Nabi Muhammad SAW, tetapi juga kepada Allah SWT. Sholawat adalah bentuk pujian dan doa kepada Allah agar kita selalu berada dalam lindungan-Nya. Membaca sholawat “Ya Nurul Hilal” bisa menjadi sarana untuk lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan kasih sayang-Nya.

10. Menjadi Teladan bagi Orang Lain

Dengan rutin membaca sholawat, kita bisa menjadi teladan bagi orang lain. Ketika teman-teman melihat kita rajin membaca sholawat, mereka mungkin akan terinspirasi untuk ikut melakukannya. Menjadi teladan yang baik adalah salah satu cara untuk menyebarkan kebaikan dan mendapatkan pahala.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat dan mudah dipahami. Jangan lupa untuk terus belajar dan mendalami ilmu agama, ya! Ayo, mulai sekarang kita rajin-rajin membaca sholawat. Semoga kita semua mendapatkan keberkahan dan rahmat dari Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *