Teks Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi Full Lengkap disertai Arab dan Latin

Diposting pada

Teks Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi Lengkap beserta Arab dan Latin

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Hai Sobat Bacaankita! Kali ini, kita bakal belajar tentang teks sholawat yang sering kita dengar dan nyanyikan bersama-sama. Namanya Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi. Yuk, kita simak teksnya dalam bahasa Arab dan Latin biar makin paham dan hafal!

Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakuan oleh umat manusia. Allah dan para malaikat juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dijelaskan dalam (Q.S Al-Ahzab [33]:56).

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersholwatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Cara Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW berbeda dengan cara kita bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi pernghormatan untuk Nabi Muhammad SAW.

 

Teks Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi

Teks lengkap Sholawat Nasabe Kanjeng Nabi dalam bahasa Arab

 

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

Kanjeng Nabi Muhammad dilahirke ono ing Mekkah

Dina Isnain rolas maulud

Tahune tahun gajah (2x)

Ibune Siti Aminah ramane Sayyid Abdullah

Garwane Siti Khodijah

Karo Siti ‘Aisyah (2x)

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

Siti Hafshah Siti Saudah

Siti Romlah Siti Maimunah

Hindun Zainab Siti Shofiyyah

lan Siti Juwaeriyyah (2x)

Yen putrane Sayyid Ibrohim

Sayyid Qosim Sayyid Abdulloh

Ummi Kultsum Siti Zainab

Ruqayyah Siti Fatimah (2x)

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

Hamzah Abbas iku pamane

Utsman Ali iku mantune

Abu Bakar Umar moro sepuhe

Madinah hijrah kubure (2x)

Hasan Husain iku putune

Abu Tholib iku pamane

Abdul Mutholib iku simbahe

Shofiyyah iku bibi’e (2x)

Sayyid Hasyim iku buyute

Abdul Manaf iku canggahe

Sayyid Qushayyi iku warege

Kilab udheg udheg siwure (2x)

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى طـهَ رَسُـوْلِ اللهِ

صَـلا َةُ اللهِ سَـلا َمُ اللهِ عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

عَـلَى يـس حَبِيْـبِ اللهِ

Keutamaan Membaca Sholawat

Bulan Sya’ban ialah bulan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Paling tidak terdapat 2 sebab mengenai perihal tersebut, ialah (1) Nabi Muhammad SAW menyebut bulan selaku bulannya serta (2) bulan ialah waktu turunnya Surat Al-Ahzab ayat 56, satu ayat yang diperintahkan kaum beriman untuk bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Oleh sebab itu, di sisa waktu bulan saat sebelum memasuki bulan Ramadhan ini, kita perlu memperbanyak teks sholawat. Perihal ini sebagai bagian dari cara kita untuk belajar mencintai Nabi Muhammad SAW.

Di samping itu, sholawat juga memberikan banyak keutamaan atau keuntungan bagi pembacannya. Setidaknya, Sayid Muhammad bin Alawi bin Abbas al-Maliki al-Hasani dalam kitabnya yang berjudul Ma Dza fi Sya’ban. menyebut 12 fadilahnya.

Pertama, Orang yang bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW akan dibalas oleh Allah swt dengan 10 kali sholawat. Hal ini berdasarkan pada suatu hadits, “Siapa yang bersholawat untukku sekali, sehingga Allah SWT bersholawat untuknya 10 kali.”

Kedua, Orang yang bersholawat kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW sendirilah yang akan bersholawat untuknya. Demikianlah ini berdasarkan pada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani dari Sahabat Anas bin Malik, “Siapa yang bersholawat untukku maka sholawat itu akan sampai padaku serta aku akan bersholawat untuknya, serta dia akan dicatat 10 kebaikan.”

Ketiga, Orang yang membacakan sholawat untuk Nabi, malaikat pun juga akan bersholawat untuknya. Karena terdapat hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Abdullah bin Umar ra, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW sekali, sehingga Allah SWT serta malaikatnya akan bersholawat untuknya 70 kali.” Dalam hadits lain disebutkan, kalau malaikat akan bersholawat kepada orang yang bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW selama dia bersholawat.

Keempat, Orang yang bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW akan diangkat derajatnya, ditambahkan kebaikannya, dan dihapuskan keburukannya. Hal ini atas dasar hadits yang diriwayatkan oleh Imam Thabrani, Imam An-Nasai, dan Imam Al-Bazzar dari Abu Burdah bin Nayar berikut.

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم من صلى علي من أمتي صلاة مخلصا من قلبه، صلى الله عليه بها عشر صلوات، و رفعه بها عشر درجات، و كتب له بها عشر حسنات، و محا بها عشر سيئات

Artinya, Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang bersholawat kepadaku dari umatku sholawat secara ikhlas dari hatinya, Allah SWT akan bersholawat untuknya 10 kali sholawat, menaikkan derajatnya 10 kali, mencatat untuknya 10 kali kebaikan, dan menghapuskan untuknya 10 keburukan.”

Kelima, Orang yang bersholawat akan mendapatkan pahala yang setara dengan memerdekakan 10 budak tulus karena Allah SWT.

Keenam, Bersholawat menjadi sebab diampuninya dosa-dosa. Karena, ada sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dan Al-Thabrani dari Abu Kahil berikut.

ال لي رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليه وسلَّم يا أبا كاهلٍ من صلَّى عليَّ كلَّ يومٍ ثلاثَ مرَّاتٍ وكلَّ ليلةٍ ثلاثَ مرَّاتٍ حبًّا وشوقًا إليَّ كان حقًّا على اللهِ أن يغفرَ له ذنوبَه تلك اللَّيلةَ وذلك اليومَ

Artinya, Rasulullah SAW bersabda kepadaku, “Wahai Abu Kahil, siapa yang bersholawat untukku saban hari tiga kali dan saban malam tiga kali karena cinta dan rindu kepadaku, sungguh Allah akan mengampuni dosa-dosanya pada malam dan hari itu.”

Ketujuh, Sholawat akan memohon ampunan kepada pembacanya serta menghiburnya di kubur. Hal ini berdasarkan suatu hadits yang diriwayatkan oleh Sayidah Aisyah ra.

Kedelapan, Di antara keutamaan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW ialah Rasulullah SAW akan memberikan syafaat untuknya.

Kesembilan, Sholawat juga akan meniadakan kefakiran untuk pembacanya serta melimpahkannya dengan kebaikan serta keberkahan.

Kesepuluh, Rasulullah SAW akan menjadikan orang yang banyak bersholawat untuknya sebagai manusia paling utama di sisinya.

Kesebelas, Keberkahan dan kebaikan bersholawat terus berlimpah hingga anak dan cucunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *