Teks Sholawat Haji Full Lengkap disertai Arab dan Latin

Diposting pada

Teks Sholawat Haji Lengkap beserta Arab dan Latin

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ

Halo Sobat Bacaankita! Kali ini kita bakal membahas tentang Sholawat Haji. Sholawat ini sangat penting, terutama buat kamu yang berencana untuk melaksanakan ibadah haji. Mari kita pelajari bersama teks sholawat haji lengkap dengan tulisan Arab serta Latin.Semoga bermanfaat, ya!

Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW tidak hanya dilakuan oleh umat manusia. Allah dan para malaikat juga bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana dijelaskan dalam (Q.S Al-Ahzab [33]:56).

“Sesungguhnya Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi. Wahai orang-orang yang beriman bersholwatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya”

Cara Allah dan para malaikat bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW berbeda dengan cara kita bersholawat untuk Nabi Muhammad SAW. Allah bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan menurunkan rahmat-Nya. Adapun para malaikat bersholawat dengan cara memohon ampunan dan memberi pernghormatan untuk Nabi Muhammad SAW.

 

Pengenalan singkat tentang Sholawat Haji

Sholawat Haji merupakan salah satu bentuk zikir yang dianjurkan untuk diamalkan oleh umat Islam, terutama untuk mereka yang bermaksud buat menunaikan ibadah haji ataupun umrah. Amalan ini bukan sahaja membantu memperkuatkan niat serta tekad seseorang untuk melakukan ibadah tersebut, namun juga dapat mendekatkan diri kepada Allah SWT.

 

Teks Sholawat Haji

Teks lengkap Sholawat Haji dalam bahasa Arab dan Latin

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَاةً تُبَلِّغُنَا بِهَا حَجَّ بَيْتِكَ الْحَرَامِ وَزِيَارَةَ قَبْرِ نَبِيِّكَ عَلَيْهِ أَفْضْلُ الصَّلَاةِ وَالسَّلَامِ فِيْ لُطْفٍ وَعَافِيَةٍ وَسَلَامَةٍ وَبُلُوْغِ الْمَرَامِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهٖ وَبَارِكْ وَسَلِّمْ.

Allahumma shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin tuballighunaa bihaa hajja baitikal haraam wa ziyaarata qabri nabiyyika alaihi afdhalus shalaatu was salaamu fi luthfin wa ‘aafiyatin wa salaamatin wa bulughil maraam wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa barik wa sallim.

Terjemahan teks Sholawat Haji dalam bahasa Indonesia

Ya Allah, limpahkanlah rahmat atas junjungan kami Muhammad dengan berkah sholawat yang dapat menyampaikan kami dengannya untuk berkunjung ke rumah Mu yang mulia dan mengunjungi makam nabi-Mu, atasnya sholawat dan salam yang paling utama dalam kelembutan, sehat, selamat, dan tercapai cita-citanya, serta berkahilah dan salam untuk keluarganya dan sahabat-sahabatnya.

 

Keutamaan Sholawat Haji

Berikut 10 keutamaan sholawat yang bisa didapatkan oleh seorang muslim, khususnya dalam konteks ibadah Haji:

1. Mendapatkan Pahala yang Berlimpah

Sholawat merupakan bentuk dzikir yang sangat dianjurkan dalam Islam. Membaca sholawat sepanjang ibadah Haji bakal menambahkan pahala yang berlipat ganda karna dilakukan di tempat suci.

2. Mendapat Syafaat dari Rasulullah SAW

Sholawat merupakan bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Dengan memperbanyak sholawat, seorang muslim berharap mendapatkan syafaat ataupun pertolongan dari Nabi di hari kiamat.

3. Menghapus Dosa

Membaca sholawat dipercaya dapat menghapus dosa-dosa kecil yang sudah dilakukan, sehingga seorang haji dapat kembali ke tanah air dalam kondisi lebih bersih dari dosa.

4. Dikabulkannya Doa

Sholawat dapat menjadi perantara supaya doa-doa yang dipanjatkan sepanjang ibadah Haji lebih gampang dikabulkan oleh Allah SWT.

5. Ketenangan Jiwa serta Pikiran

Membaca sholawat dapat memberikan ketenangan jiwa serta pikiran, yang sangat diperlukan sepanjang menempuh rangkaian ibadah Haji yang penuh tantangan.

6. Meningkatkan Kecintaan kepada Rasulullah SAW

Dengan seringnya mengucapkan sholawat, kecintaan seorang muslim kepada Nabi Muhammad SAW bakal semakin bertambah, yang merupakan salah satu bentuk ibadah yang sangat dianjurkan.

7. Mendapatkan Keberkahan dalam Hidup

Sholawat dapat membawa keberkahan dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk kesehatan, rezeki, serta ikatan sosial, baik sepanjang ibadah haji ataupun setelahnya.

8. Menguatkan Iman dan Taqwa

Membaca sholawat dapat menguatkan keimanan serta ketakwaan seorang muslim, sehingga lebih gampang menempuh ibadah haji dengan khusyuk.

9. Menghindarkan dari Bencana

Sholawat dapat menjadi pelindung dari bermacam bencana serta bencana yang barangkali berlangsung sepanjang perjalanan Haji.

10. Memperoleh Tempat yang Mulia di Sisi Allah SWT

Sholawat merupakan salah satu amalan yang sangat dicintai oleh Allah SWT. Dengan memperbanyak sholawat, seorang haji berharap memperoleh tempat yang mulia di sisi-Nya.

Dengan menguasai serta menanamkan keutamaan-keutamaan ini, seorang muslim dapat menempuh ibadah haji dengan lebih penuh makna serta memperoleh berbagai keberkahan dari Allah SWT.
Dengan memahami dan mempraktikkan keutamaan-keutamaan ini, seorang Muslim dapat menjalani ibadah Haji dengan lebih bermakna dan mendapatkan berbagai keberkahan dari Allah SWT.

Cara Mengamalkan Sholawat Haji

Cara mengamalkan Sholawat Haji merupakan dengan membacakan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan ikhlas serta penuh keimanan.

Pertama, carilah waktu yang cocok dan tenang untuk mengamalkan sholawat ini. Waktu-waktu yang disarankan yaitu selepas solat fardhu, pada waktu pagi saat sebelum mengawali kegiatan setiap hari ataupun pada waktu malam saat sebelum tidur. Pastikan Anda berada dalam kondisi yang suci, dengan wudhu yang sempurna, guna memastikan keberkatan dalam amalan ini.

Kedua, bacalah sholawat dengan penuh khusyuk serta tawadhu. Salah satu contoh Sholawat Haji yang boleh diamalkan merupakan “Allahumma Sholli Sayyidina Muhammad wa Alihi Sayyidina Muhammad.” Kamu boleh mengulangi teks ini sebanyak 100 kali ataupun sebanyak mana yang sanggup Sembari membaca sholawat, niatkan dalam hati supaya Allah mempermudahkan perjalanan haji ataupun umrah kamu dan meminta supaya diberikan kesihatan serta kekuatan untuk melakukan ibadah tersebut.

Ketiga, amalkan sholawat ini secara konsisten tiap hari. Konsistensi dalam amalan ini bakal membantu memperkukuh niat serta keazaman Kamu dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Jangan lupa untuk sentiasa berdoa serta meminta petunjuk-Nya dalam setiap langkah yang Kamu ambil, dan berupaya untuk memperbaiki diri serta meningkatkan ketaqwaan. Dengan mengamalkan Sholawat Haji, mudah-mudahan Allah SWT mempermudahkan seluruh urusan kamu serta menerima ibadah kamu dengan sempurna.

Nah, seperti itu teks Sholawat Haji lengkap dengan tulisan Arab dan Latin. Mudah-mudahan artikel ini dapat menunjang teman-teman semua yang mau menghafal serta menguasai Sholawat Haji. Jangan lupa untuk senantiasa mengamalkannya ya! Selamat belajar serta mudah-mudahan kita diberi semua kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji.Aamiin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *